IMAM SATRIO |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN Satria
Kelas/ Semester : 2 / 1 (Satu)
Tema ke : 4 Aku dan Sekolahku
Sub Tema ke : 2 Kegiatan Ekstrakurikulerku
Pembelajaran ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
2. diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi
Dasar:
1.1 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku toleran
terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama dan suku bangsa.
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4 Bermain
peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator:
1.1.1
Menerima
keberagaman di lingkungan sekolah
2.3.1 Menunjukan perilaku toleransi terhadap
keberagaman karakter individu di lingkungan sekolah
3.4.7 Menyebutkan contoh sikap hidup bersatu
4.4.7 Mengelompokan contoh sikap hidup bersatu
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal
teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
1.1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berbupa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
2.5.1 menunjukan
sikap jujur dalam kegiatan bermain
3.2.6 Mengenal teks
narasi sederhana.
4.2.3 Membacakan
cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Matematika
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 enunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.4 Mengenal
nilai tukar antar pecahan uang.
4.4 Mendemostrasikan
berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
1.1.1
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar
2.1.1 menunjukan sikap cermat dalam mengerjakan
tugas
3.4.2 Menentukan
kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya.
4.4.1 Mendemonstrasikan
berbagai penukaran uang dengan berbagai kemungkinan jawaban.
C. Materi Pembelajaran
1.
Bersatu
dalam keberagaman
2.
Cerita
narasi
3.
Kesetaraan
nilai uang
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan me nanyakan kabar mereka.
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Apakah kalian
mengikuti kegiatan ektrakurikuler? Misal siswa menjawab ektrakurikuler
sepakbola
4.
Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari
ini
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menunjukan gambar kegiatan siswa (mengamati)
2. Siswa bertanya tentang gambar yang ditunjukan (menanya)
3. Siswa mengelompokan gambar kegiatan yang mencerminkan
contoh sikap bersatu dan tidak bersatu pada LKS (mencoba)
4. Siswa menulis kegiatan pada gambar dan sikap yang
tercermin pada gambar (menalar)
5. Siswa mendemonstrasikan kegiatan kegiatan pada gambar dan
sikap yang tercermin pada gambar (mengomunikasikan)
6. Guru menunjukan gambar pada siswa (mengamati)
7. Siswa menanya berdasarkan gambar (menanya)
8. Siswa mengurutkan gambar (mencoba)
9. Siswa menulis cerita narasi berdasarkan gambar (menalar)
10. Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan
lafal dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan)
11. Guru menunjukan berbagai nilai pecahan uang (mengamati).
12. Siswa menanyakan tentang berbagai nilai uang yang
ditunjukan guru (menanya)
13. Siswa kemudian mencoba memasangkan berbagai pecahan uang untuk melihat kesetaraan
nilai pecahan uang dengan berbagai kemungkinan jawaban pada papan (mencoba)
14. Siswa mengelompkan pecahan yang setara pada LKS (menalar)
15. Siswa mendemonstrasikan hasil pngelompokan pecahan yang
setara (mengomunikasikan)
16. Siswa yang lain memberikan tanggapan tentang demonstrasi yang ditampilkan
temannya
17. Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
|
155 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya
sikap hidup bersatu
2.
Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
besok.
3.
Siswa memimpin berdoa
4.
Guru menutup pembelajaran
|
10 Menit
|
E. Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Sikap spiritual
b.
Penilaian
sikap sosial teknik
Observasi:
Toleransi,
Jujur, Cermat
c.
Penilaian
Pengetahuan : Essay
d.
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: mengelompokan contoh sikap bersatu, membacakan
teks narasi sederhan, mendemonstrasikan kesetaran nilai uang.
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
|
Nama
|
Indikator
|
|||||||||||||||||||
Berdoa
|
Bersyukur
|
Menerima
|
|||||||||||||||||||
Sikap berdoa
|
Lafal do’a
|
Khidmat
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Tukiman A
|
||||||||||||||||||||
2.
|
Tukiman B
|
||||||||||||||||||||
3.
|
Tukiman C
|
Keterangan/ Rubrik :
1
: belum nampak/perlu pembinaan
2
: mulai nampak
3 : nampak
4
: membudaya
Lembar
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Indikator
|
|||||||||||
Toleransi
|
Jujur
|
Cermat
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Tukiman A
|
||||||||||||
2.
|
Tukiman B
|
||||||||||||
3.
|
Tukiman C
|
||||||||||||
Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B
(baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü)
pada kolom yang sesuai.
|
Lembar
Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
|
No.
Soal
|
SOAL / TUGAS
|
Kunci/Keterangan pedoman
Pemberian skor
|
S
K
O
R
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Soal
Pilihan ganda
|
Soal
Essay
|
|||||
PPKn
|
||||||||||||
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
|
3.4.7 Menyebutkan contoh sikap hidup bersatu
|
1
|
1. Sebutkan
3 perwujudan sikap bersatu?
|
ü
|
20
|
|||||||
Bahasa
Indonesia
|
||||||||||||
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan
bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
|
3.2.6 Mengenal
teks narasi sederhana.
|
2
|
2.
Buatlah
teks narasi sederhana!
|
ü
|
20
|
|||||||
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.
|
3.4.2 Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai
satuan uang lainnya.
|
3,4,5
|
---
|
20
20
20
|
3.
|
Setara dengan
|
.........................................................
|
|
4.
|
Setara dengan
|
.........................................................
|
|
5.
|
Setara dengan
|
.........................................................
|
Keterampilan
Rubrik :
Mengelompokan contoh sikap bersatu
Skor
|
4
|
3
|
2
|
Indikator
|
Siswa dapat mengelompokan contoh sikap
bersatu dengan cepat
|
Siswa dapat mengelopokan contoh sikap
bersatu dengan ragu-ragu
|
Siswa belum bisa mengelompokan contoh
sikap bersatu
|
Hasil Penilaian mengelompokan contoh
sikap bersatu
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Pamuji
|
||
2
|
Danur
|
||
3
|
Darba
|
Rubrik :
Membacakan teks narasi sederhana
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
4 (√)
|
Baik
3 (√)
|
Cukup
2 (√)
|
Perlu bimbingan
1 (√)
|
1.
|
Siswa dapat membaca dengan lafal yang
benar
|
||||
2.
|
Siswa dapat membaca dengan lancar
|
||||
3.
|
Siswa dapat membaca dengan intonasi
yang tepat
|
Hasil penilaian membaca teks narasi
sederhana
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Pamuji
|
||
2
|
Danur
|
||
3
|
Darba
|
Rubrik:
Mendemonstrasikan kesetaraan nilai uang
No.
|
Kriteria
|
Benar
(√)
|
Salah
(√)
|
1.
|
Sisiwa dapat menyebutkan nilai pecahan
uang
|
||
2.
|
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang yang setara.
|
Hasil penilaian
mendemonstrasikan kesetaraan nilai uang
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Pamuji
|
||
2
|
Danur
|
||
3
|
Darba
|
Pembelajaran
Remidial
Remidial
diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang mempunyai
kemampuan lebih tinggi
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : gambar sikap tertib dan sikap tidak tertib, gambar bersambung, uang
koin.
2.
Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku
siswa SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku
guru SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Yogyakarta,
3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah
Imam Satrio
NIP.
|
Guru Kelas II
...................................
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar