Cari Blog Ini

Senin, 01 Juni 2015

SSP Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku



IMAM SATRIO

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN Satria
Kelas/ Semester           : 2 / 1 (Satu)
Tema ke                       : 4 Aku dan Sekolahku          
Sub Tema ke               : 2 Kegiatan Ekstrakurikulerku          
Pembelajaran ke          : 2
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
2.    diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar:
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3       Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama dan suku bangsa.
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
4.4       Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Indikator:
1.1.1        Menerima keberagaman di lingkungan sekolah
2.3.1    Menunjukan perilaku toleransi terhadap keberagaman karakter individu di lingkungan sekolah     
3.4.7    Menyebutkan contoh sikap hidup bersatu
4.4.7    Mengelompokan contoh sikap hidup bersatu

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1       Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2       Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2       Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
1.1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa berbupa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
2.5.1    menunjukan sikap jujur dalam kegiatan bermain       
3.2.6    Mengenal teks narasi sederhana.
4.2.3    Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

Matematika
Kompetensi Dasar
1.1       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1       enunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.4       Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.
4.4       Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.

Indikator
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah belajar
2.1.1    menunjukan sikap cermat dalam mengerjakan tugas
3.4.2    Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya.
4.4.1    Mendemonstrasikan berbagai penukaran uang dengan berbagai kemungkinan jawaban.


C.  Materi Pembelajaran
1.      Bersatu dalam keberagaman
2.      Cerita narasi
3.      Kesetaraan nilai uang


D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan me nanyakan kabar mereka.
3.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Apakah kalian mengikuti kegiatan ektrakurikuler? Misal siswa menjawab ektrakurikuler sepakbola
4.    Siswa menyimak penjelasan dari guru  mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukan gambar kegiatan siswa (mengamati)
2.      Siswa bertanya tentang gambar yang ditunjukan (menanya)
3.      Siswa mengelompokan gambar kegiatan yang mencerminkan contoh sikap bersatu dan tidak bersatu pada LKS (mencoba)
4.      Siswa menulis kegiatan pada gambar dan sikap yang tercermin pada gambar (menalar)
5.      Siswa mendemonstrasikan kegiatan kegiatan pada gambar dan sikap yang tercermin pada gambar (mengomunikasikan)
6.      Guru menunjukan gambar pada siswa (mengamati)
7.      Siswa menanya berdasarkan gambar (menanya)
8.      Siswa mengurutkan gambar (mencoba)
9.      Siswa menulis cerita narasi berdasarkan gambar (menalar)
10.  Siswa membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat (mengomunikasikan)
11.  Guru menunjukan berbagai nilai pecahan uang (mengamati).
12.  Siswa menanyakan tentang berbagai nilai uang yang ditunjukan guru (menanya)
13.  Siswa kemudian mencoba memasangkan berbagai pecahan uang untuk melihat kesetaraan nilai pecahan uang dengan berbagai kemungkinan jawaban pada papan (mencoba)
14.  Siswa mengelompkan pecahan yang setara pada LKS (menalar)
15.  Siswa mendemonstrasikan hasil pngelompokan pecahan yang setara (mengomunikasikan)
16.  Siswa yang lain memberikan tanggapan tentang demonstrasi yang ditampilkan temannya
17.  Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri.
155 Menit
Penutup
1.      Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya sikap hidup bersatu
2.      Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari besok.
3.      Siswa memimpin berdoa
4.      Guru menutup pembelajaran
10 Menit


E.       Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.        Teknik Penilaian
a.         Penilaian Sikap spiritual
b.        Penilaian sikap sosial teknik Observasi: Toleransi, Jujur, Cermat
c.         Penilaian Pengetahuan : Essay
d.        Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: mengelompokan contoh sikap bersatu, membacakan teks narasi sederhan, mendemonstrasikan kesetaran nilai uang.





2.        Bentuk Instrumen Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
Nama
Indikator
Berdoa
Bersyukur

Menerima
Sikap berdoa
Lafal do’a
Khidmat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1

2

3

4

1

2

3

4
1.
Tukiman A




















2.
Tukiman B




















3.
Tukiman C




















Keterangan/ Rubrik :
1 : belum nampak/perlu pembinaan
2 : mulai nampak
3 : nampak
4 : membudaya

Lembar Penilaian Sikap
No
Nama
Indikator
Toleransi
Jujur
Cermat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Tukiman A












2.
Tukiman B












3.
Tukiman C












Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B (baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.


Lembar Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KOMPETENSI
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
No.
Soal
SOAL / TUGAS
Kunci/Keterangan pedoman
Pemberian skor
S
K
O
R
1
2
3
4
5
6
Soal
Pilihan ganda
Soal
Essay
PPKn












3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4.7    Menyebutkan contoh sikap hidup bersatu






1
1.   Sebutkan 3 perwujudan sikap bersatu?

ü




20



Bahasa Indonesia












3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.6           Mengenal teks narasi sederhana.







2
2.  Buatlah teks narasi sederhana!

ü


20
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.

3.4.2 Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya.







3,4,5
---






20
20
20

3.


Setara dengan


.........................................................
4.


Setara dengan


.........................................................
5.


Setara dengan


.........................................................





Keterampilan
Rubrik : Mengelompokan contoh sikap bersatu
Skor
4
3
2

Indikator
Siswa dapat mengelompokan contoh sikap bersatu dengan cepat
Siswa dapat mengelopokan contoh sikap bersatu dengan ragu-ragu
Siswa belum bisa mengelompokan contoh sikap bersatu

Hasil Penilaian mengelompokan contoh sikap bersatu
No
Nama Siswa
Skor
Nilai
1.
Pamuji


2
Danur


3
Darba



Rubrik : Membacakan teks narasi sederhana

No.

Kriteria
Baik sekali
4 (√)
Baik

3 (√)
Cukup

2 (√)
Perlu bimbingan
1 (√)
1.
Siswa dapat membaca dengan lafal yang benar




2.
Siswa dapat membaca dengan lancar




3.
Siswa dapat membaca dengan intonasi yang tepat





Hasil penilaian membaca teks narasi sederhana
No
Nama Siswa
Skor
Nilai
1.
Pamuji


2
Danur


3
Darba



Rubrik: Mendemonstrasikan kesetaraan nilai uang
No.
Kriteria
Benar  (√)
Salah  (√)
1.
Sisiwa dapat menyebutkan nilai pecahan uang


2.
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang yang setara.



Hasil penilaian mendemonstrasikan kesetaraan nilai uang
No
Nama Siswa
Skor
Nilai
1.
Pamuji


2
Danur


3
Darba



Pembelajaran Remidial
Remidial diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa yang  mempunyai kemampuan lebih tinggi


F.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media dan Alat : gambar sikap tertib dan sikap tidak tertib, gambar bersambung, uang koin.

2.    Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku siswa SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku guru SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Yogyakarta, 3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah




Imam Satrio
NIP.                                                               
Guru Kelas II




...................................
NIP.                                                               

0 komentar:

Posting Komentar