Cari Blog Ini

Selasa, 12 Mei 2015

SPESIFIC SUBJECT PEDAGOGY



SPESIFIC SUBJECT PEDAGOGY
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD Satria Untuk Negeri
Kelas/ Semester           : V/ 1 (Satu)
Tema ke                       : 4 Sehat itu Penting   
Sub Tema ke               : 1 Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan        
Pembelajaran ke          : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2       Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.1       Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2       Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
4.2       Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1    Mensyukuri Anugerah Tuhan yang Maha Esa berupa air.
2.1.1                Menunjukkan sikap Peduli terhadap lingkungan yang ada di Rumah dan di Sekolah.
3.2.1    Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup.
4.2.1    Menulis teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan,tumbuhan)
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:
1.1       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2       Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
3.5       Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.8       Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin

Indikator:
1.1.1    Menerima ajaran agama yang dianutnya dengan  berdoa sebelum kegiatan pembelajaran
2.2.1    Menunjukan sikap tanggung jawab dalam bekerjasama dalam kelompok
3.5.1    Menyebutkan letak dan posisi suatu benda pada gambar
4.8.1    Menggambar letak benda (atau rumah di sekitar)


C.  Materi Pembelajaran
1.    Air dan manfaatnya (Buku siswa halaman 1-3)
2.    Menentukan letak benda berdasarkan arah mata angin (buku siswa halaman 3-6)


D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3.    Guru mengajak siswa melakukan melakukan ice breaking.
4.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. “Bahwa dengan melakukan gerak (olahraga), tubuh kita akan lebih sehat, dan biasanya setelah bergerak kita membutuhkan air minum. Mengapa air penting bagi kehidupan manusia dan lingkungannya?
5.    Siswa menyimak penjelasan dari guru  mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini
10 Menit
Kegiatan Inti
1.  Siswa membaca teks cerita pada buku siswa hal. 1 (mengamati)
2.  Siswa mengamati beberapa gambar berkaitan dengan manfaat air. (mengamati)
3.  Siswa secara tertib memasang kartu manfaat air pada tabel. (mencoba)
4.  Siswa menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan). (menalar)
5.  Siswa membacakan teks tentang pentingnya air bagi makhluk hidup?”(mengomunikasikan)
6.  Guru menunjukan gambar petunjuk arah mata angin dan  gambar Edo sedang berdiri, akan berjalan mengambil air di kran kelas, berjalan berdasarkan arah mata angin(mengamati)
7.  Guru menanyakan kepada siswa siapa yang dapat berjalan mengambil air kran sesuai arah mata angin (menanya)
8.  Siswa dibimbing guru akan berjalan mengambil air kran sesuai arah mata angin pada papan denah sekolah (mencoba).
9.  Siswa mengambil air kran dengan menggunakan arah mata angin sesuai cerita dan menentukan letak suatu benda terhadap benda yang lain di LKS (mengolah)
10.Siswa mendemosntrasikan hasil kerjanya di depan kelas (mengomunikasikan)
11.Guru memberi penguatan dengan menampilkan video pentingnya air dan bagaimana jika tidak ada air.
155 Menit
Penutup
1.      Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya air bagi kehidupan makhluk hidup.
2.      Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari besok.
3.      Siswa memimpin berdoa
4.      Guru menutup pembelajaran
10 Menit


E.       Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.        Teknik Penilaian
a.         Penilaian Sikap spiritual
b.        Penilaian sikap sosial teknik Observasi: Peduli, tanggung jawab.
c.         Penilaian Pengetahuan : Essay
d.        Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: menulis teks, menentukan letak benda berdasarkan arah mata angin

2.        Bentuk Instrumen Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
Nama
Indikator
Berdoa
Bersyukur
Sikap berdoa
Lafal do’a
Khidmat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1

2

3

4
1.
Tukiman A
















2.
Tukiman B
















3.
Tukiman C
















Keterangan/ Rubrik :
1 : belum nampak/perlu pembinaan
2 : mulai nampak
3 : nampak
4 : membudaya

 Lembar Penilaian Sikap
No
Nama
Indikator
Peduli
Tanggung jawab

1
2
3
4
1
2
3
4




1.
Tukiman A












2.
Tukiman B












3.
Tukiman C












Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B (baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.


Lembar Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KOMPETENSI
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
No.
Soal
SOAL / TUGAS
Kunci/Keterangan pedoman
Pemberian skor
S
K
O
R
1
2
3
4
5
6
Soal
Pilihan ganda
Soal
Essay
Bahasa Indonesia












3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
3.2.1 Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) dari teks






1,2,3
1.   Sebutkan 3 manfaat air bagi manusia!
2.   Sebutkan 3 manfaat air bagi tumbuhan!
3.   Sebutkan 3 manfaat air bagi hewan!

ü

ü

ü




10


10


10
Matematika












3.5 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
3.5.1 Menyebutkan letak dan posisi suatu benda pada gambar






4,5,6,7,8


ü

ü

ü

ü

ü

30

10


10


10

10




Perhatikan denah di bawah ini!
Tabel arah mata angin

1 kotak = 1 langkah

4.      Edo berdiri pada kotak berwarna merah.
a.     kearah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di kelas 5?
b.   Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di kelas  1?
c.    Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di kelas  6?
5.      Tentukn letak kran kelas 2 terhadap kran kelas 5!
6.      Tentukan letak kran kelas 4 terhadap kran kelas 5!
7.      Dari kran kelas 5, empat langkah ke arah timur kemudian satu langkah ke arah utara terdapat kran ruang guru. Tandailah letak kran ruang guru!
8.      Tentukan letak kran ruang guru terhadap kran kelas 6!

Keterampilan
Rubrik : Menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup
No.
Kriteria
Baik Sekali

4
Baik

3
Cukup

2
Perlu Bimbingan
1
1.
Isi dan Pengetahuan
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan benar
mengelompokkan jawaban.
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
Sebagian besar
jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban.

2.
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dengan
efisien dan menarik
dalam keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam sebagian
besar penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam sebagian
kecil penulisan.
3.
Keterampilan
Penulisan
Keseluruhan
penulisan hasil
mencerminkan
hasil pengamatan
yang sistematis
dan benar serta
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di atas
rata-rata kelas.
Keseluruhan
penulisan hasil
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik.
Sebagian besar
penulisan hasil
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
terus berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil penulisan
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

Hasil penilaian Menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup


No


Nama
Indikator

Jml skor


NA
Isi dan pengetahuan
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Keterampilan penulisan


4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


1
Daienem














2
Daietu














3
Daielu














4
Daienga
















Rubrik : Mengetahui letak benda berdasarkan arah mata angin
No.
Kriteria
Baik Sekali

4
Baik

3
Cukup

2
Perlu Bimbingan
1
1.
Melakukan
seluruh
prosedur
Seluruh langkah
pengerjaan
dilakukan.
75% langkah
pengerjaan
dilakukan.
50% langkah
pengerjaan
dilakukan.
Dikerjakan tanpa
memperhatikan
prosedur pengerjaan.
2.
Jawaban
lengkap
sesuai butir
pertanyaan

Seluruh butir
pertanyaan diisi.
75% pertanyaan
diisi.
50% pertanyaan
diisi.
Sama sekali tidak diisi.
3.
Isi jawaban
sesuai
pertanyaan

Seluruh jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
75% jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
50% jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
Jawaban sama
sekali tidak sesuai
dengan pertanyaan.


Hasil penilaian mengetahui letak suatu benda berdasarkan arah mata angin


No


Nama
Indikator

Jml skor


NA
Melakukan seluruh prosedur
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Isi jawaban sesuai pertanyaan


4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1


1
Daienem














2
Daietu














3
Daielu














4
Daienga
















Pembelajaran Remidial
Remidial diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa yang  mempunyai kemampuan lebih tinggi


F.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media dan Alat : gambar fungsi air, denah sekolah

2.    Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku siswa SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku guru SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
http://www.mikirbae.com/2014/10/manfaat-air-bagi-makhluk-hidup.html


Yogyakarta, 3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah




Imam Satrio
NIP.                                                               
Guru Kelas II




...................................
NIP.                                                               

0 komentar:

Posting Komentar