SPESIFIC SUBJECT PEDAGOGY |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Satria Untuk Negeri
Kelas/ Semester : V/ 1 (Satu)
Tema ke : 4 Sehat itu Penting
Sub Tema ke : 1 Pentingnya Kesehatan Diri dan
Lingkungan
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa
atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1 Mensyukuri Anugerah Tuhan yang Maha Esa
berupa air.
2.1.1
Menunjukkan sikap Peduli
terhadap lingkungan yang ada di Rumah dan di Sekolah.
3.2.1
Mengidentifikasi pentingnya manfaat air
bagi makhluk hidup.
4.2.1
Menulis teks tentang pentingnya air
dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan,tumbuhan)
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar:
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai
pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data
atau pekerjaan matematika lainnya
3.5 Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.8 Menggambar
denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan
berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah
mata angin
Indikator:
1.1.1 Menerima
ajaran agama yang dianutnya dengan
berdoa sebelum kegiatan pembelajaran
2.2.1 Menunjukan
sikap tanggung jawab dalam bekerjasama dalam kelompok
3.5.1 Menyebutkan letak dan posisi suatu benda
pada gambar
4.8.1 Menggambar letak benda (atau rumah di
sekitar)
C. Materi Pembelajaran
1.
Air
dan manfaatnya (Buku siswa halaman 1-3)
2.
Menentukan
letak benda berdasarkan arah mata angin (buku siswa halaman 3-6)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
3.
Guru mengajak siswa melakukan melakukan ice
breaking.
4.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. “Bahwa dengan
melakukan gerak (olahraga), tubuh kita akan lebih sehat, dan biasanya setelah
bergerak kita membutuhkan air minum. Mengapa air penting bagi kehidupan
manusia dan lingkungannya?
5.
Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari
ini
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa membaca teks cerita
pada buku siswa hal. 1 (mengamati)
2. Siswa mengamati beberapa gambar berkaitan dengan manfaat air. (mengamati)
3. Siswa secara tertib
memasang kartu manfaat air pada tabel. (mencoba)
4. Siswa menulis teks manfaat
air bagi makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan). (menalar)
5. Siswa membacakan teks
tentang pentingnya air bagi makhluk hidup?”(mengomunikasikan)
6. Guru menunjukan gambar petunjuk arah mata angin dan gambar Edo sedang berdiri, akan berjalan
mengambil air di kran kelas, berjalan berdasarkan arah mata angin(mengamati)
7. Guru menanyakan kepada siswa siapa yang dapat berjalan
mengambil air kran sesuai arah mata angin (menanya)
8. Siswa dibimbing guru akan berjalan mengambil air kran
sesuai arah mata angin pada papan denah sekolah (mencoba).
9. Siswa mengambil air kran dengan menggunakan arah mata
angin sesuai cerita dan menentukan letak suatu benda terhadap benda yang lain
di LKS (mengolah)
10.Siswa mendemosntrasikan hasil kerjanya di depan kelas (mengomunikasikan)
11.Guru memberi penguatan
dengan menampilkan video pentingnya air dan bagaimana jika tidak ada air.
|
155 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya
air bagi kehidupan makhluk hidup.
2.
Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
besok.
3.
Siswa memimpin berdoa
4.
Guru menutup pembelajaran
|
10 Menit
|
E. Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Sikap spiritual
b.
Penilaian
sikap sosial teknik
Observasi:
Peduli,
tanggung jawab.
c.
Penilaian
Pengetahuan : Essay
d.
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: menulis teks, menentukan letak benda
berdasarkan arah mata angin
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
|
Nama
|
Indikator
|
|||||||||||||||
Berdoa
|
Bersyukur
|
||||||||||||||||
Sikap berdoa
|
Lafal do’a
|
Khidmat
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Tukiman A
|
||||||||||||||||
2.
|
Tukiman B
|
||||||||||||||||
3.
|
Tukiman C
|
Keterangan/ Rubrik :
1
: belum nampak/perlu pembinaan
2
: mulai nampak
3 : nampak
4
: membudaya
Lembar
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Indikator
|
|||||||||||
Peduli
|
Tanggung jawab
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1.
|
Tukiman A
|
||||||||||||
2.
|
Tukiman B
|
||||||||||||
3.
|
Tukiman C
|
||||||||||||
Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B
(baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü)
pada kolom yang sesuai.
|
Lembar
Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
|
No.
Soal
|
SOAL / TUGAS
|
Kunci/Keterangan pedoman
Pemberian skor
|
S
K
O
R
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Soal
Pilihan ganda
|
Soal
Essay
|
|||||
Bahasa
Indonesia
|
||||||||||||
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh
|
3.2.1
Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan,
tumbuhan) dari teks
|
1,2,3
|
1. Sebutkan
3 manfaat air bagi manusia!
2. Sebutkan
3 manfaat air bagi tumbuhan!
3. Sebutkan
3 manfaat air bagi hewan!
|
ü
ü
ü
|
10
10
10
|
|||||||
Matematika
|
||||||||||||
3.5 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam
kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
|
3.5.1
Menyebutkan letak dan posisi suatu benda pada gambar
|
4,5,6,7,8
|
ü
ü
ü
ü
ü
|
30
10
10
10
10
|
Perhatikan denah
di bawah ini!
Tabel arah mata angin |
1 kotak = 1 langkah
4.
Edo
berdiri pada kotak berwarna merah.
a.
kearah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan
air kran yang berada di kelas 5?
b.
Ke
arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di
kelas 1?
c.
Ke
arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di
kelas 6?
5.
Tentukn
letak kran kelas 2 terhadap kran kelas 5!
6.
Tentukan
letak kran kelas 4 terhadap kran kelas 5!
7.
Dari
kran kelas 5, empat langkah ke arah timur kemudian satu langkah ke arah utara
terdapat kran ruang guru. Tandailah letak kran ruang guru!
8.
Tentukan
letak kran ruang guru terhadap kran kelas 6!
Keterampilan
Rubrik : Menulis
teks manfaat air bagi makhluk hidup
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Isi dan Pengetahuan
|
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan benar
mengelompokkan jawaban.
|
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan
gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan
jawaban.
|
Sebagian besar
jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan
sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban.
|
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai
dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan
jawaban.
|
2.
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik
dan benar
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
digunakan dengan
efisien dan menarik
dalam keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam keseluruhan
penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam sebagian
besar penulisan.
|
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan efisien
dalam sebagian
kecil penulisan.
|
3.
|
Keterampilan
Penulisan
|
Keseluruhan
penulisan hasil
mencerminkan
hasil pengamatan
yang sistematis
dan benar serta
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di atas
rata-rata kelas.
|
Keseluruhan
penulisan hasil
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang baik.
|
Sebagian besar
penulisan hasil
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
terus berkembang.
|
Hanya sebagian
kecil hasil penulisan
mencerminkan hasil
pengamatan yang
sistematis dan benar
serta menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.
|
Hasil penilaian Menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup
No
|
Nama
|
Indikator
|
Jml skor
|
NA
|
|||||||||||
Isi dan
pengetahuan
|
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Keterampilan
penulisan
|
|||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Daienem
|
||||||||||||||
2
|
Daietu
|
||||||||||||||
3
|
Daielu
|
||||||||||||||
4
|
Daienga
|
Rubrik :
Mengetahui letak benda berdasarkan arah mata angin
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Melakukan
seluruh
prosedur
|
Seluruh langkah
pengerjaan
dilakukan.
|
75% langkah
pengerjaan
dilakukan.
|
50% langkah
pengerjaan
dilakukan.
|
Dikerjakan tanpa
memperhatikan
prosedur pengerjaan.
|
2.
|
Jawaban
lengkap
sesuai butir
pertanyaan
|
Seluruh butir
pertanyaan diisi.
|
75% pertanyaan
diisi.
|
50% pertanyaan
diisi.
|
Sama sekali tidak diisi.
|
3.
|
Isi jawaban
sesuai
pertanyaan
|
Seluruh jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
|
75% jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
|
50% jawaban
benar sesuai
pertanyaan.
|
Jawaban sama
sekali tidak sesuai
dengan pertanyaan.
|
Hasil penilaian mengetahui letak suatu benda berdasarkan
arah mata angin
No
|
Nama
|
Indikator
|
Jml skor
|
NA
|
|||||||||||
Melakukan
seluruh prosedur
|
Jawaban
lengkap sesuai butir pertanyaan
|
Isi jawaban
sesuai pertanyaan
|
|||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Daienem
|
||||||||||||||
2
|
Daietu
|
||||||||||||||
3
|
Daielu
|
||||||||||||||
4
|
Daienga
|
Pembelajaran
Remidial
Remidial
diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang mempunyai
kemampuan lebih tinggi
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : gambar fungsi air, denah sekolah
2.
Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku
siswa SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku
guru SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
http://www.mikirbae.com/2014/10/manfaat-air-bagi-makhluk-hidup.html
Yogyakarta,
3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah
Imam Satrio
NIP.
|
Guru Kelas II
...................................
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar