|  | 
| SPESIFIC SUBJECT PEDAGOGY | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan      : SD Satria Untuk Negeri
Kelas/ Semester           : V/ 1 (Satu)
Tema ke                       : 4 Sehat itu Penting    
Sub Tema ke               : 1 Pentingnya Kesehatan Diri dan
Lingkungan         
Pembelajaran ke          : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.   
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya. 
3.   
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4.   
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. 
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2       Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa
atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam 
2.1       Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia 
3.2       Menguraikan isi teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh 
4.2
      Menyampaikan teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1    Mensyukuri Anugerah Tuhan yang Maha Esa
berupa air.
2.1.1
               Menunjukkan sikap Peduli
terhadap lingkungan yang ada di Rumah dan di Sekolah. 
3.2.1
   Mengidentifikasi pentingnya manfaat air
bagi makhluk hidup. 
4.2.1
   Menulis teks tentang pentingnya air
dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan,tumbuhan)
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar:
1.1       Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 
2.2       Menghargai
pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data
atau pekerjaan matematika lainnya 
3.5       Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.8       Menggambar
denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan
berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah
mata angin
Indikator:
1.1.1    Menerima
ajaran agama yang dianutnya dengan 
berdoa sebelum kegiatan pembelajaran
2.2.1    Menunjukan
sikap tanggung jawab dalam bekerjasama dalam kelompok
3.5.1    Menyebutkan letak dan posisi suatu benda
pada gambar 
4.8.1    Menggambar letak benda (atau rumah di
sekitar)
C.  Materi Pembelajaran
1.   
Air
dan manfaatnya (Buku siswa halaman 1-3)
2.   
Menentukan
letak benda berdasarkan arah mata angin (buku siswa halaman 3-6)
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
| 
Kegiatan | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.   
  Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran 
2.   
  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
  dan menanyakan kabar mereka. 
3.   
  Guru mengajak siswa melakukan melakukan ice
  breaking. 
4.   
  Guru melakukan apersepsi sebagai awal
  komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. “Bahwa dengan
  melakukan gerak (olahraga), tubuh kita akan lebih sehat, dan biasanya setelah
  bergerak kita membutuhkan air minum. Mengapa air penting bagi kehidupan
  manusia dan lingkungannya? 
5.   
  Siswa menyimak penjelasan dari guru  mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari
  ini | 
10 Menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
1.  Siswa membaca teks cerita
  pada buku siswa hal. 1 (mengamati) 
2.  Siswa mengamati beberapa gambar berkaitan dengan manfaat air. (mengamati) 
3.  Siswa secara tertib
  memasang kartu manfaat air pada tabel. (mencoba) 
4.  Siswa menulis teks manfaat
  air bagi makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan). (menalar) 
5.  Siswa membacakan teks
  tentang pentingnya air bagi makhluk hidup?”(mengomunikasikan) 
6.  Guru menunjukan gambar petunjuk arah mata angin dan  gambar Edo sedang berdiri, akan berjalan
  mengambil air di kran kelas, berjalan berdasarkan arah mata angin(mengamati) 
7.  Guru menanyakan kepada siswa siapa yang dapat berjalan
  mengambil air kran sesuai arah mata angin (menanya) 
8.  Siswa dibimbing guru akan berjalan mengambil air kran
  sesuai arah mata angin pada papan denah sekolah (mencoba). 
9.  Siswa mengambil air kran dengan menggunakan arah mata
  angin sesuai cerita dan menentukan letak suatu benda terhadap benda yang lain
  di LKS (mengolah) 
10.Siswa mendemosntrasikan hasil kerjanya di depan kelas (mengomunikasikan) 
11.Guru memberi penguatan
  dengan menampilkan video pentingnya air dan bagaimana jika tidak ada air. | 
155 Menit | 
| 
Penutup | 
1.     
  Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya
  air bagi kehidupan makhluk hidup. 
2.     
  Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
  besok. 
3.     
  Siswa memimpin berdoa 
4.     
  Guru menutup pembelajaran | 
10 Menit | 
E.       Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.       
Teknik Penilaian
a.        
Penilaian
Sikap spiritual
b.       
Penilaian
sikap sosial teknik
Observasi:
Peduli,
tanggung jawab.
c.        
Penilaian
Pengetahuan : Essay
d.       
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: menulis teks, menentukan letak benda
berdasarkan arah mata angin
2.       
Bentuk Instrumen
Penilaian 
Lembar penilaian sikap spiritual
| 
No | 
Nama | 
Indikator | |||||||||||||||
| 
Berdoa  | 
Bersyukur | ||||||||||||||||
| 
Sikap berdoa | 
Lafal do’a | 
Khidmat | |||||||||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | ||
| 
1. | 
Tukiman A | ||||||||||||||||
| 
2. | 
Tukiman B | ||||||||||||||||
| 
3. | 
Tukiman C | ||||||||||||||||
Keterangan/ Rubrik : 
1
: belum nampak/perlu pembinaan
2
: mulai nampak
3 : nampak
4
: membudaya
 Lembar
Penilaian Sikap
| 
No | 
Nama | 
Indikator | |||||||||||
| 
Peduli | 
Tanggung jawab | ||||||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | ||||||
| 
1. | 
Tukiman A | ||||||||||||
| 
2. | 
Tukiman B | ||||||||||||
| 
3. | 
Tukiman C | ||||||||||||
| 
Keterangan/ Rubrik :  
1 : K (kurang)/rendah 
2 : C (cukup) 
3 : B
  (baik)/tinggi 
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi 
Berilah dengan tanda centang (ü)
  pada kolom yang sesuai. | |||||||||||||
Lembar
Penilaian Pengetahuan
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
INDIKATOR 
KOMPETENSI | 
Ranah dan Tingkatan 
Hasil Belajar | 
No. 
Soal | 
SOAL / TUGAS | 
Kunci/Keterangan pedoman 
Pemberian skor | 
S 
K 
O 
R | ||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
Soal 
Pilihan ganda | 
Soal 
Essay | |||||
| 
Bahasa
  Indonesia | ||||||||||||
| 
3.2
  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
  sifat magnet, anggota tubuh  | 
3.2.1
  Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan,
  tumbuhan) dari teks | 
1,2,3 | 
1.   Sebutkan
  3 manfaat air bagi manusia! 
2.   Sebutkan
  3 manfaat air bagi tumbuhan! 
3.   Sebutkan
  3 manfaat air bagi hewan! | 
ü 
ü 
ü | 
10 
10 
10 | |||||||
| 
Matematika | ||||||||||||
| 
3.5 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam
  kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi) | 
3.5.1
  Menyebutkan letak dan posisi suatu benda pada gambar | 
4,5,6,7,8 | 
ü 
ü 
ü 
ü 
ü | 
30 
10 
10 
10 
10 | ||||||||
Perhatikan denah
di bawah ini!
|  | 
| Tabel arah mata angin | 
1 kotak = 1 langkah
4.     
Edo
berdiri pada kotak berwarna merah.
a.   
 kearah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan
air kran yang berada di kelas 5?
b.  
Ke
arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di
kelas  1?
c.   
Ke
arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air kran yang berada di
kelas  6?
5.     
Tentukn
letak kran kelas 2 terhadap kran kelas 5!
6.     
Tentukan
letak kran kelas 4 terhadap kran kelas 5!
7.     
Dari
kran kelas 5, empat langkah ke arah timur kemudian satu langkah ke arah utara
terdapat kran ruang guru. Tandailah letak kran ruang guru!
8.     
Tentukan
letak kran ruang guru terhadap kran kelas 6!
Keterampilan
Rubrik : Menulis
teks manfaat air bagi makhluk hidup
| 
No. | 
Kriteria | 
Baik Sekali 
4 | 
Baik 
3 | 
Cukup 
2 | 
Perlu
  Bimbingan 
1 | 
| 
1. | 
Isi dan Pengetahuan | 
Keseluruhan 
jawaban yang 
ditulis siswa 
sesuai dengan 
gambar yang 
diamati dan benar 
mengelompokkan jawaban. | 
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan 
gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan
  jawaban. | 
Sebagian besar 
jawaban yang 
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan
  sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban. | 
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai
  dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan
  jawaban. | 
| 
2. | 
Penggunaan 
Bahasa Indonesia 
yang baik 
dan benar | 
Bahasa Indonesia 
yang baik dan benar 
digunakan dengan 
efisien dan menarik 
dalam keseluruhan 
penulisan. | 
Bahasa Indonesia 
yang baik dan 
benar digunakan 
dengan efisien 
dalam keseluruhan 
penulisan. | 
Bahasa Indonesia 
yang baik dan 
benar digunakan 
dengan efisien 
dalam sebagian 
besar penulisan. | 
Bahasa Indonesia 
yang baik dan 
benar digunakan 
dengan efisien 
dalam sebagian 
kecil penulisan. | 
| 
3. | 
Keterampilan 
Penulisan | 
Keseluruhan 
penulisan hasil 
mencerminkan 
hasil pengamatan 
yang sistematis 
dan benar serta 
menunjukkan 
keterampilan 
penulisan yang 
sangat baik, di atas 
rata-rata kelas. | 
Keseluruhan 
penulisan hasil 
mencerminkan hasil 
pengamatan yang 
sistematis dan benar 
serta menunjukkan 
keterampilan 
penulisan yang baik. | 
Sebagian besar 
penulisan hasil 
mencerminkan hasil 
pengamatan yang 
sistematis dan benar 
serta menunjukkan 
keterampilan 
penulisan yang 
terus berkembang. | 
Hanya sebagian 
kecil hasil penulisan 
mencerminkan hasil 
pengamatan yang 
sistematis dan benar 
serta menunjukkan 
keterampilan 
penulisan yang 
masih perlu terus 
ditingkatkan. | 
Hasil penilaian Menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup
| 
No | 
Nama | 
Indikator | 
Jml skor | 
NA | |||||||||||
| 
Isi dan
  pengetahuan | 
Penggunaan
  Bahasa Indonesia yang baik dan benar | 
Keterampilan
  penulisan | |||||||||||||
| 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | ||||
| 
1 | 
Daienem | ||||||||||||||
| 
2 | 
Daietu | ||||||||||||||
| 
3 | 
Daielu | ||||||||||||||
| 
4 | 
Daienga | ||||||||||||||
Rubrik :
Mengetahui letak benda berdasarkan arah mata angin
| 
No. | 
Kriteria | 
Baik Sekali 
4 | 
Baik 
3 | 
Cukup 
2 | 
Perlu
  Bimbingan 
1 | 
| 
1. | 
Melakukan 
seluruh 
prosedur | 
Seluruh langkah 
pengerjaan 
dilakukan. | 
75% langkah 
pengerjaan 
dilakukan. | 
50% langkah 
pengerjaan 
dilakukan. | 
Dikerjakan tanpa 
memperhatikan 
prosedur pengerjaan. | 
| 
2. | 
Jawaban 
lengkap 
sesuai butir 
pertanyaan | 
Seluruh butir 
pertanyaan diisi. | 
75% pertanyaan 
diisi. | 
50% pertanyaan 
diisi. | 
Sama sekali tidak diisi. | 
| 
3. | 
Isi jawaban 
sesuai 
pertanyaan | 
Seluruh jawaban 
benar sesuai 
pertanyaan. | 
75% jawaban 
benar sesuai 
pertanyaan. | 
50% jawaban 
benar sesuai 
pertanyaan. | 
Jawaban sama 
sekali tidak sesuai 
dengan pertanyaan. | 
Hasil penilaian mengetahui letak suatu benda berdasarkan
arah mata angin
| 
No | 
Nama | 
Indikator | 
Jml skor | 
NA | |||||||||||
| 
Melakukan
  seluruh prosedur | 
Jawaban
  lengkap sesuai butir pertanyaan | 
Isi jawaban
  sesuai pertanyaan | |||||||||||||
| 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | ||||
| 
1 | 
Daienem | ||||||||||||||
| 
2 | 
Daietu | ||||||||||||||
| 
3 | 
Daielu | ||||||||||||||
| 
4 | 
Daienga | ||||||||||||||
Pembelajaran
Remidial 
Remidial
diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang  mempunyai
kemampuan lebih tinggi
F.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.   
Media
dan Alat : gambar fungsi air, denah sekolah
2.   
Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku
siswa SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku
guru SD/MI kelas V tema 4 “Sehat itu penting”. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
http://www.mikirbae.com/2014/10/manfaat-air-bagi-makhluk-hidup.html
Yogyakarta,
3 Aguatus 2015
| 
Kepala Sekolah 
Imam Satrio 
NIP.                                                                 | 
Guru Kelas II 
................................... 
NIP.                                                                 | 
 
 Postingan
Postingan
 
 






 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar