MATRIK
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Satrio untuk Negeri
Kelas/ Semester : IV/ 1 (Satu)
Tema ke : 4 Berbagai Pekerjaan
Sub Tema ke : 1 Jenis-jenis Pekerjaan
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Metode
|
Instrumen
|
Keg.
Pembelajaran
|
Media
|
||
Bahasa
Indonesisa
|
||||||||
1
|
1.2 Mengakui
dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan
sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan
teknologi, sosial, serta permasalahan social
|
1.2.1
Mensyukuri Anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan
dan sumber daya alam.
|
Observasi
|
1.
Mengamati gambar perkebunan teh dan proses
pembuatannya.
2.
Mengamati video letak perkebunan teh dan proses
pembuatannya.
3.
Membaca teks bacaan Ulil si Daun Teh
|
1.
Gambar perkebunan teh dan proses pembuatan teh
2.
Video letak perkebunan teh dan proses pembuatan
teh
3.
Teks bacaan Ulil si Daun Teh
|
|||
2
|
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
2.4.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan
|
Observasi
|
|||||
3
|
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
|
3.4.1 Menemukan informasi proses pembuatan teh
melalui kegiatan membaca
|
Tes
|
|||||
4
|
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
4.4.1 Menulis cerita singkat tentang proses
pembuatan teh setelah kegiatan membaca
|
Unjuk kerja
|
|||||
IPA
|
||||||||
1
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Menerima
keberadaan SDA sebagai kebesaran Tuhan YME
|
Observasi
|
1.
Mengamati berbagai pekerjaan berdasarkan letak geografis
2.
Mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di daerah
tempat tinggal
3.
Mendemosntrasikan hasil pengamatan jenis-jenis
pekerjaan di daerah masing-masing
|
1.
Gambar contoh pekerjaan di dataran tinggi, dataran
rendah dan perairan
|
|||
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggungjawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
|
2.1.1 Menunjukkan sikap ingin tahu tehadap
sumber daya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan
jenis-jenis pekerjaan yang ada
|
Observasi
|
|||||
3
|
3.7 Mendeskripsikan hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
3.7.1
Mendiskusikan jenis-jenis
pekerjaan yang ada di daerah masing-masing dengan tempat bekerja
|
Tes
|
|||||
4
|
4.7 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta
kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi
tersebut
|
4.7.1 Mendemostrasikan hasil pengamatan keadaan wilayah tempat tinggal masing-masing
dan jenis pekerjaan yang ada secara tertulis
|
Unjuk
kerja
|
|||||
IPS
|
||||||||
1
|
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
|
1.2.1 Toleransi terhadap jenis-jenis pekerjaan
yang ada di lingkungan tempat tinggalnya
|
Observasi
|
1.
Membaca Peta berdasarkan warna
2.
Mengamati jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak
geografis
3.
Menulis jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak
geografis
|
1.
Peta
|
|||
2
|
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran,
dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
|
2.3.1 Menunjukkan perilaku santun dalam
berinteraksi dengan teman sebaya
|
Observasi
|
|||||
3
|
3.5 memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
3.5.1 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
daerah tempat tinggal pada peta
|
Tes
|
|||||
4
|
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
|
4.5.1 Menulis jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak geografis
lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta
|
Unjuk
kerja
|
|||||
Bagi yang peduli terhadap lingkungan sebaiknya menggunakan packaging makanan yang ramah lingkungan. Misalnya http://www.greenpack.co.id/
BalasHapus