Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Mei 2015

SSP Kurikulum 2013 kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Satria Untuk Negeri
Kelas/ Semester           : IV/ 1 (Satu)
Tema ke                       : 4 Berbagai Pekerjaan           
Sub Tema ke               : 1 Jenis-jenis Pekerjaan         
Pembelajaran ke          : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2       Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan social
2.4       Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4       Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
4.4       Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1    Mensyukuri Anugerah Tuhan  yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam.
2.4.1    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan
3.4.1    Menemukan informasi tentang teh dan proses pembuatannya melalui kegiatan membaca
4.4.1    Menulis cerita singkat tentang proses pembuatan teh setelah kegiatan membaca

IPA
Kompetensi Dasar:
1.1       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7       Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
4.7              Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

Indikator:
1.1.1        Menerima keberadaan SDA sebagai kebesaran Tuhan YME
2.1.1    Menunjukkan sikap ingin tahu   tehadap  sumber daya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada
3.7.1    Mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan dengan tempat bekerja
4.7.1    Mendemonstrasikan hasil pengamatan  keadaan wilayah dengan jenis pekerjaan  yang  ada secara tertulis

IPS
Kompetensi Dasar:
1.2       Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3       Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5       Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5       Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Indikator:
1.2.1    Toleransi terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya
2.3.1    Menunjukkan perilaku santun dalam berinteraksi di kelasdengan teman sebaya
3.5.1    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis daerah tempat tinggal pada peta
4.5.1    Menulis jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak geografis lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan membaca peta

C.  Materi Pembelajaran
1.    Proses pembuatan teh(Buku siswa halaman 4)
2.    Dataran tinggi dan dataran rendah (buku siswa halaman 3)
3.    Hubungan antara pekerjaan dengan lingkungan tempat tinggal (Buku Siswa halaman 2).
  
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Pernahkah kalian meminum teh? Di manakah teh ditanam? Pekerjaan apa saja yang ada di kebun teh?
4.    Siswa menyimak penjelasan dari guru  mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari ini
10 Menit
Kegiatan Inti
1.    Guru menunjukan teh. (mengamati)
2.    Guru menanyakan kepada siswa tentang apakah benda ini? Dari mana asalnya, dan bagaimana proses pembuatan teh? (menanya)
3.    Guru menayangkan video yang berkaitan dengan letak perkebunan teh dan proses pembuatan teh (mengumpulkan informasi).
4.    Guru menanyakan pada siswa tentang letak perkebunan teh, proses pembuatan teh secara umum, dan macam-macam produk teh. (mengumpulkan informasi)
5.    Siswa membaca bacaan tentang Ulil Si Daun Teh (proses pembuatan teh tubruk). (mencoba)
6.    Siswa diminta berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku mengenai letak perkebunan teh, pekerjaan yang ada di perkebunan tersebut, tugas dari setiap pekerja tersebut, dan  menuliskan proses Ulil Si Daun Teh sampai menjadi teh tubruk. (mengolah informasi)
7.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi (mengomunikasikan)
8.    Siswa yang lain menanggapi.
9.    Siswa mengamati peta (mengamati).
10.              Guru menanyakan warna peta pada siswa tentang dataran rendah dan dataran tinggi (menanya)
11.              Guru menunjukan tiga gambar yang berisi tiga jenis profesi dari tiga tempat yang berbeda.
12.              Guru menanyakan kepada siswa tentang nama pekerjaan, tugas pekerjaan dan dimana mereka bekerja (mencoba)
13.              Siswa mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di daerah-daerah yang terdapat di peta. (mengolah informasi)
14.              Siswa menempelkan lembar jenis-jenis pekerjaan pada papan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan hasil diskusi
15.              Siswa menyimpulkan hasil diskusi jenis-jenis  pekerjaan di daerah yang tedapat pada peta . (mengomunikasikan)
16.              Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari, bahwa kenampakan wilayah permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan perairan, yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat tersebut.
155 Menit
Penutup
1.      Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari besok.
2.      Siswa memimpin berdoa
3.      Guru menutup pembelajaran
10 Menit

E.       Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.        Teknik Penilaian
a.         Penilaian Sikap spiritual
b.        Penilaian sikap sosial teknik Observasi: peduli, rasa ingin tahu, santun.
c.         Penilaian Pengetahuan : Essay
d.        Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: menceritakan.

2.        Bentuk Instrumen Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
Nama
Indikator
Mensyukuri
Menerima
Toleransi
1

2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
IDEAL












2.
KIRANA












3.
SONO












Keterangan/ Rubrik :
1 : belum nampak/perlu pembinaan
2 : mulai nampak
3 : nampak
4 : membudaya

Lembar Penilaian Sikap
No
Nama

Peduli
Rasa ingin tahu
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
IDEAL












2.
KIRANA












3.
SONO












Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B (baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.

 
Lembar Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KOMPETENSI
Ranah dan Tingkatan
Hasil Belajar
No.
Soal
SOAL / TUGAS
Kunci/Keterangan pedoman
Pemberian skor
S
K
O
R
1
2
3
4
5
6
Soal
Pilihan ganda
Soal
Essay
Bahasa Indonesia












3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
3.4.1   Menemukan informasi tentang teh dan proses pembuatannya melalui kegiatan membaca







1, 2, 3, 4
1.   Apakah judul bacaan di atas . .
2.   Dimanakah letak perkebunan teh . . .
3.   Sebutkan 3 pekerjaan yang ada di perkebunan teh!
4.   Bagaimana proses pembuatan teh tubruk?

ü



10
10
10
10
IPA












3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat

3.7.1 Mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan dengan tempat bekerja






5, 6, 7
5.   Tuliskan 3 kenampakan wilayah permukaan bumi!
6.   Beriah contoh jenis pekerjaan yang terdapat di daerah dataran rendah?
7.   sebutkan jenis pekerjaan yang terdapat di daerah dataran tinggi?

ü
10
10
10
IPS












3.5 memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

3.5.1 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis daerah tempat tinggal pada peta







8, 9, 10
8.   Contohkan jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta berwarna biru?
9.   Jelaskan jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta berwarna hijau?
10.Tulislah jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta berwarna kuning?

ü
10
10
10

Keterampilan

Rubrik: menulis cerita singkat
No.
Kriteria
Baik sekali

4
Baik

3
Cukup

2
Perlu bimbingan
1
1.
Kesesuaian isi
dengan judul
atau tema
Seluruh isi
karangan sesuai
judul atau tema
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
2.
Keruntutan
Cerita
Seluruh isi
karangan
tersusun dengan
runtut
Setengah atau
lebih isi karangan
tersusun runtut
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
Seluruh isi
karangan belum
runtut
3.
Ketepatan ejaan
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Rubrik: Menyajikan laporan pengamatan jenis pekerjaan di daerah tempat tinggal
No.
Kriteria
Sudah  (√)
Belum  (√)
1.
Menulis lokasi tempat tinggal


2.
Menulis pekerjaan yang ada di lokasi tempat tinggal


3.
Menulis hubungan lokasi tempat tinggal dengan pekerjaan



Rubrik: Menyajikan laporan hubangan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis
No.
Kriteria
Sudah  (√)
Belum  (√)
1.
Menulis letak daerah berdasarkan kondisi geografis


2.
Menulis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis


3.
Menulis hubungan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis



Pembelajaran Remidial
Remidial diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa yang  mempunyai kemampuan lebih tinggi

F.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media dan Alat : video,
2.    Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku siswa SD/MI kelas IV tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku guru SD/MI kelas IV tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yogyakarta, 3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah



Imam Satrio
NIP.                                                               
Guru Kelas IV



...................................
NIP.                                                   

0 komentar:

Posting Komentar