RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Satria Untuk Negeri
Kelas/ Semester : IV/ 1 (Satu)
Tema ke : 4 Berbagai Pekerjaan
Sub Tema ke : 1 Jenis-jenis Pekerjaan
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan
yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan
social
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1
Mensyukuri
Anugerah Tuhan yang Maha Esa atas
keberadaan lingkungan dan sumber daya alam.
2.4.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan
3.4.1
Menemukan informasi tentang teh dan proses
pembuatannya melalui kegiatan membaca
4.4.1 Menulis cerita singkat tentang proses
pembuatan teh setelah kegiatan membaca
IPA
Kompetensi
Dasar:
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
4.7
Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta
kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
Indikator:
1.1.1
Menerima keberadaan SDA
sebagai kebesaran Tuhan YME
2.1.1 Menunjukkan sikap ingin tahu tehadap
sumber daya alam di suatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis-jenis
pekerjaan yang ada
3.7.1 Mendiskusikan
jenis-jenis pekerjaan dengan tempat bekerja
4.7.1 Mendemonstrasikan hasil pengamatan
keadaan wilayah dengan jenis pekerjaan
yang ada secara tertulis
IPS
Kompetensi
Dasar:
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
Indikator:
1.2.1 Toleransi
terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya
2.3.1 Menunjukkan
perilaku santun dalam berinteraksi di kelasdengan teman sebaya
3.5.1 Menyebutkan
jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis daerah tempat tinggal pada
peta
4.5.1 Menulis
jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak geografis lingkungan tempat tinggal
melalui kegiatan membaca peta
C. Materi Pembelajaran
1.
Proses
pembuatan teh(Buku siswa halaman 4)
2.
Dataran
tinggi dan dataran rendah (buku siswa halaman 3)
3.
Hubungan
antara pekerjaan dengan lingkungan tempat tinggal (Buku Siswa halaman 2).
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran
2.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka.
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Pernahkah kalian
meminum teh? Di manakah teh ditanam? Pekerjaan apa saja yang ada di kebun
teh?
4.
Siswa menyimak penjelasan dari guru mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari
ini
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menunjukan teh. (mengamati)
2. Guru menanyakan kepada siswa tentang apakah benda ini?
Dari mana asalnya, dan bagaimana proses pembuatan teh? (menanya)
3. Guru menayangkan video yang berkaitan dengan letak
perkebunan teh dan proses pembuatan teh (mengumpulkan
informasi).
4. Guru menanyakan pada siswa tentang letak perkebunan teh,
proses pembuatan teh secara umum, dan macam-macam produk teh. (mengumpulkan informasi)
5.
Siswa membaca bacaan tentang Ulil Si Daun Teh (proses
pembuatan teh tubruk). (mencoba)
6.
Siswa
diminta berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab pertanyaan yang ada di
buku mengenai letak perkebunan teh, pekerjaan yang ada di perkebunan tersebut,
tugas dari setiap pekerja tersebut, dan menuliskan proses Ulil Si Daun Teh sampai
menjadi teh tubruk. (mengolah informasi)
7.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi (mengomunikasikan)
8. Siswa yang lain menanggapi.
9.
Siswa mengamati peta (mengamati).
10.
Guru menanyakan warna peta pada siswa tentang dataran
rendah dan dataran tinggi (menanya)
11.
Guru menunjukan tiga gambar yang berisi tiga jenis profesi
dari tiga tempat yang berbeda.
12.
Guru menanyakan kepada siswa tentang nama pekerjaan,
tugas pekerjaan dan dimana mereka bekerja (mencoba)
13.
Siswa mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di
daerah-daerah yang terdapat di peta. (mengolah
informasi)
14.
Siswa menempelkan
lembar jenis-jenis pekerjaan pada papan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan
hasil diskusi
15.
Siswa menyimpulkan
hasil diskusi jenis-jenis pekerjaan di
daerah yang tedapat pada peta . (mengomunikasikan)
16.
Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari,
bahwa kenampakan wilayah permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah,
dataran tinggi, dan perairan, yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan
yang ada di masyarakat tersebut.
|
155 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
besok.
2.
Siswa memimpin berdoa
3.
Guru menutup pembelajaran
|
10 Menit
|
E. Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Sikap spiritual
b.
Penilaian
sikap sosial teknik
Observasi:
peduli,
rasa ingin tahu, santun.
c.
Penilaian
Pengetahuan : Essay
d.
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: menceritakan.
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
Lembar penilaian sikap spiritual
No
|
Nama
|
Indikator
|
|||||||||||
Mensyukuri
|
Menerima
|
Toleransi
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
IDEAL
|
||||||||||||
2.
|
KIRANA
|
||||||||||||
3.
|
SONO
|
Keterangan/ Rubrik :
1
: belum nampak/perlu pembinaan
2
: mulai nampak
3 : nampak
4
: membudaya
Lembar
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
||||||||||||
Peduli
|
Rasa ingin tahu
|
Santun
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
IDEAL
|
||||||||||||
2.
|
KIRANA
|
||||||||||||
3.
|
SONO
|
||||||||||||
Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2 : C (cukup)
3 : B
(baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü)
pada kolom yang sesuai.
|
Lembar
Penilaian Pengetahuan
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
Ranah dan
Tingkatan
Hasil
Belajar
|
No.
Soal
|
SOAL / TUGAS
|
Kunci/Keterangan
pedoman
Pemberian
skor
|
S
K
O
R
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Soal
Pilihan
ganda
|
Soal
Essay
|
|||||
Bahasa Indonesia
|
||||||||||||
3.4
Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia
|
3.4.1 Menemukan informasi tentang teh dan proses
pembuatannya melalui kegiatan membaca
|
1, 2, 3, 4
|
1.
Apakah
judul bacaan di atas . .
2.
Dimanakah
letak perkebunan teh . . .
3.
Sebutkan
3 pekerjaan yang ada di perkebunan teh!
4.
Bagaimana
proses pembuatan teh tubruk?
|
ü
|
10
10
10
10
|
|||||||
IPA
|
||||||||||||
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
3.7.1 Mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan dengan tempat
bekerja
|
5, 6, 7
|
5.
Tuliskan
3 kenampakan wilayah permukaan bumi!
6.
Beriah
contoh jenis pekerjaan yang terdapat di daerah dataran rendah?
7.
sebutkan
jenis pekerjaan yang terdapat di daerah dataran tinggi?
|
ü
|
10
10
10
|
|||||||
IPS
|
||||||||||||
3.5 memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
3.5.1 Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan
kondisi geografis daerah tempat tinggal pada peta
|
8, 9, 10
|
8.
Contohkan
jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta berwarna biru?
9.
Jelaskan
jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta berwarna hijau?
10.Tulislah jenis-jenis pekerjaan di daerah pada peta
berwarna kuning?
|
ü
|
10
10
10
|
Keterampilan
Rubrik: menulis cerita singkat
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1.
|
Kesesuaian isi
dengan judul
atau tema
|
Seluruh isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Setengah atau
lebih isi karangan
sesuai judul atau
tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
2.
|
Keruntutan
Cerita
|
Seluruh isi
karangan
tersusun dengan
runtut
|
Setengah atau
lebih isi karangan
tersusun runtut
|
Kurang dari
setengah isi
karangan
tersusun runtut
|
Seluruh isi
karangan belum
runtut
|
3.
|
Ketepatan ejaan
|
Seluruh tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Setengah atau
lebih tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Kurang dari
setengah tulisan
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Seluruh
tulisan belum
menggunakan
ejaan yang tepat
|
Catatan: Centang
(√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Rubrik:
Menyajikan laporan pengamatan jenis pekerjaan di daerah tempat tinggal
No.
|
Kriteria
|
Sudah (√)
|
Belum (√)
|
1.
|
Menulis lokasi tempat tinggal
|
||
2.
|
Menulis pekerjaan yang ada di lokasi tempat tinggal
|
||
3.
|
Menulis hubungan lokasi tempat tinggal dengan pekerjaan
|
Rubrik:
Menyajikan laporan hubangan jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis
No.
|
Kriteria
|
Sudah
(√)
|
Belum
(√)
|
1.
|
Menulis letak daerah berdasarkan
kondisi geografis
|
||
2.
|
Menulis pekerjaan berdasarkan kondisi geografis
|
||
3.
|
Menulis hubungan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan
kondisi geografis
|
Pembelajaran
Remidial
Remidial
diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang mempunyai
kemampuan lebih tinggi
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat : video,
2.
Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku
siswa SD/MI kelas IV tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Jakarta: Kementerian
pendidikan dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku
guru SD/MI kelas IV tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Yogyakarta,
3 Aguatus 2015
Kepala Sekolah
Imam Satrio
NIP.
|
Guru Kelas IV
...................................
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar