|  | 
| IMAM SATRIO | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan      : SDN Satria
Kelas/ Semester           : I / 1 (Satu)
Tema ke                       : 3 Kegiatanku 
Sub Tema ke               : 2 Kegiatan siang hari            
Pembelajaran ke          : 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi
Dasar:
1.2       Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah 
2.2       Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah 
3.2       Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan
sekolah
4.2       Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator:
1.2.1    Mensyukuri
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugrah Tuhan Ynag Maha Esa di lingkungan
sekolah
2.2.1    Menunjukan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah
3.2.1    Membedakan perilaku tertib dan tidak
tertib
4.2.1    Mempraktekkan
tata tertib di dalam kelas
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1       Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah 
2.1       Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator
1.1.1       
Menerima anugrah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
2.1.1       
Menunjukan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud dan sifat benda
3.1.1    Menyebutkan
isi teks deskriptif tentang sifat benda dengan bahasa Indonesia lisan
3.1.2    mendiskusikan
kosa kata yang tidak dimengerti
4.1.1    Menirukan
teks deskriptif tentang sifat benda yang dibacakan guru dengan suara nyaring
C.  Materi Pembelajaran
1.   
Teks
deskriptif (Buku siswa halaman 32-33)
2.   
Perilaku
tertib dan tidak tertib (buku siswa halaman 34-35)
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
| 
Kegiatan | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.   
  Siswa dan guru berdoa sebelum pembelajaran 
2.   
  Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
  dan me nanyakan kabar mereka. 
3.   
  Guru melakukan apersepsi sebagai awal
  komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. Apa yang kalian
  rasakan ketika siang hari kalau belum makan? Sekarang, pak guru memiliki
  cerita tentang si kancil yang sedang lapar. 
4.   
  Siswa menyimak penjelasan dari guru  mengenai kegiatan yang akan dilakukan hari
  ini | 
10 Menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
1.      Guru membacakan teks deskriptif sederhana (cerita kancil
  dan buaya) dan ditirukan siswa dengan nyaring. (mengamati) 
2.      Siswa menanyakan tentang kosa kata yang belum di ketahui
  (menanya) 
3.      Setelah siswa memahami kosakata, Siswa secara bergantian
  membacakan teks deskriptif sederhana (cerita kancil dan buaya). (mencoba) 
4.      Siswa mendiskusikan karakter dari tokoh cerita. (menalar) 
5.      Siswa mempresentasikan tentang karakter dari tokoh cerita
  (mengomunikasikan) 
6.      Guru menunjukan kepada siswa contoh gambar sikap tertib
  dan tidak tertib (mengamati) 
7.      Guru menanyakan kepada siswa tentang kegiatan yang sedang
  dilakukan pada gambar. (menanya) 
8.       
  Siswa
  menjawab, berdasarkan kegiatan pada gambar, apakah termasuk sikap tertib atau
  tidak tertib. (mencoba) 
9.       
  Siswa
  mengelompokan gambar pada LKS, tentang gambar yang mencerminkan sikap tertib
  dan tidak tertib (menalar) 
10.    Siswa berlatih mempresentasikan tentang gambar yang
  mencerminkan sikap tertib dan tidak tertib (mengomunikasikan) 
11.    Menyanyikan lagu mari pulang.  | 
155 Menit | 
| 
Penutup | 
1.     
  Guru menyampaikan pesan moral tentang pentingnya ketertiban. 
2.     
  Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
  besok. 
3.     
  Siswa memimpin berdoa 
4.     
  Guru menutup pembelajaran | 
10 Menit | 
E.       Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.       
Teknik Penilaian
a.        
Penilaian
Sikap spiritual
b.       
Penilaian
sikap sosial teknik
Observasi:
Patuh,
ingin tahu.
c.        
Penilaian
Pengetahuan : Pertanyaan essay
d.       
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: Membedakan contoh perilaku tertib dan
tidak tertib, menirukan membaca nyaring.
2.       
Bentuk Instrumen
Penilaian 
Lembar penilaian sikap spiritual
| 
No | 
Nama | 
Indikator | |||||||
| 
Menerima | 
Bersyukur | ||||||||
| 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | ||
| 
1 | 
Sainam  | ||||||||
| 
2 | 
Tumiyah | ||||||||
| 
3 | 
Dakiem  | ||||||||
Keterangan/ Rubrik : 
1
: belum nampak/perlu pembinaan
2
: mulai nampak
3 : nampak
4
: membudaya
Lembar
Penilaian Sikap sosial
| 
No | 
Nama | 
Indikator | |||||||||||
| 
Patuh pada tata tertib | 
Ingin tahu karakter tokoh cerita | ||||||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | ||||||
| 
1. | 
Tukiman A | ||||||||||||
| 
2. | 
Tukiman B | ||||||||||||
| 
3. | 
Tukiman C | ||||||||||||
| 
Keterangan/ Rubrik :  
1 : K (kurang)/rendah 
2 : C (cukup) 
3 : B
  (baik)/tinggi 
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi 
Berilah dengan tanda centang (ü)
  pada kolom yang sesuai. | |||||||||||||
Lembar
Penilaian Pengetahuan
| 
KOMPETENSI DASAR | 
INDIKATOR 
KOMPETENSI | 
Ranah dan Tingkatan 
Hasil Belajar | 
No. 
Soal | 
SOAL / TUGAS | 
Kunci/Keterangan pedoman 
Pemberian skor | 
S 
K 
O 
R | ||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
Soal 
Pilihan ganda | 
Soal tulis | |||||
| 
PPKn | ||||||||||||
| 
3.2       Mengenal
  tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan
  sekolah
   | 
3.2.1            Membedakan perilaku tertib dan tidak tertib | 
1,2 | 
1.       
  Sebutkan 3 contoh perilku
  tertib 
2.       
  Berilah 3 contoh perilaku tidak
  tertib | 
ü 
ü | 
15 
15 | |||||||
| 
Bahasa
  Indonesia | ||||||||||||
| 
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra wujud dan
  sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
  bahasa daerah untuk membantu pemahaman | 
3.1.2    mendiskusikan
  kosa kata yang tidak dimengerti | 
3.     Sebutkan kata-kata yang tidak dimengerti dari bacaan kancil dan buaya? | 
ü | 
20 | ||||||||
Keterampilan
Lembar
pengamatan membedakan contoh perilaku tertib dan tidakn tertib
| 
No | 
Kriteria | 
Terlihat | 
Belum terlihat | 
| 
1 | 
Kemampuan siswa membedakan perilaku
  tertib dan tidak tertib | ||
| 
2 | 
Antusias siswa melakukan pengelompokan
  gambar | 
Lembar penilaian
siswa membedakan contoh perilaku tertib dan tidak tertib
| 
No | 
Nama | 
Indikator | 
Skor | 
NA | |
| 
Membedakan  perilaku tertib dan tidak tertib | 
Antusias | ||||
| 
1 | 
Sainam  | ||||
| 
2 | 
Tumiyah | ||||
| 
3 | 
Dakiem  | ||||
Rubrik : Menirukan
teks deskriptif yang dibacakan dengan suara nyaring 
| 
No | 
Kriteria  | 
Terlihat | 
Belum terlihat | 
| 
1. | 
Menirukan dengan antusias | ||
| 
2. | 
Menirukan sungguh-sungguh | ||
| 
3. | 
Menirukan dengan suara jelas | 
Hasil penilaian Menulis teks manfaat air bagi makhluk hidup
| 
No | 
Nama | 
Indikator | 
Jml skor | 
NA | |||||||||||
| 
Antusias  | 
Sungguh-sungguh | 
Suara jelas | |||||||||||||
| 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | ||||
| 
1 | 
Sainam  | ||||||||||||||
| 
2 | 
Tumiyah | ||||||||||||||
| 
3 | 
Dakiem  | ||||||||||||||
| 
4 | 
Painem  | ||||||||||||||
Pembelajaran Remidial 
Remidial
diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang  mempunyai
kemampuan lebih tinggi
F.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.   
Media
dan Alat : gambar perilaku tertib dan tidak tertib, teks deskriptif
2.   
Sumber:
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikulum 2013, buku
siswa SD/MI kelas I tema 3 “Kegiatanku”. Jakarta: Kementerian pendidikan
dan Kebudayaan.
--. 2014. Buku tematik terpadu kurikuum 2013, buku
guru SD/MI kelas I tema 3 “Kegiatanku”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Yogyakarta,
3 Aguatus 2015
| 
Kepala Sekolah 
Imam Satrio 
NIP.                                                                 | 
Guru Kelas II 
................................... 
NIP.                                                                 | 
 
 Postingan
Postingan
 
 






 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar